Aadanwde's Blog

Tips cara mendapatkan IPK tinggi

Posted on: November 3, 2011

Kali ini saya sebagai ingin berbagi tips untuk mendapatkan nilai IPK (index prestasi komutatif) yang Tinggi, sebagai mahasiswa tentu ada baiknya jika saling mengingatkan dan saling membantuk agar bisa saling mendapatkan nilai IPK yang memuaskan dan lulus tepat pada waktunya.. :)

Lulus kuliah semua orang pasti bisa melakukannya, tetapi jika lulus kuliah dengan nilai yang sempurna tentu itu akan menjadi sulit, butuh usaha dan kerja keras. Berikut sedikit tips yang mungkin bisa membantu.

1. Bacalah materi atau buku mata kuliah yang bersangkutan sebelum perkuliahan berlangsung, tentunya dengan membaca materi sebelumnya kita dapat mengetahui istilah – istilah yang akan di pelajari saat perkuliahan tersebut, terlebih lagi kita dapat bertanya dengan kritis jika ada penjelasan yang kurang jelas dari dosen.

2. Mencatat materi perkuliahan dengan tepat. Mencatat bukan bukan berarti menulis semua perkataan dosen, sebaiknya kita mencatat hanya bagian – bagian yang penting atau bagian yang tidak ada di dalam buku teks. Selain itu, ada baiknya kita mengembangkan gaya mencatat sendiri. Tentunya untuk mempersingkat waktu kita dapat menyingkat beberapa istilah atau kata umum seperti yang (yg), bisa (bs), dapat (dpt) dan lain lain lagi sesuai dengan apa yang kita inginkan agar dapat mempersingkat waktu mencatat.

3. Tulis ulang kembali bagian – bagian yang penting pada catatan kuliah yang telah kita buat. Hali ini memang terasa merepotkan, tetapi kita akan merasakan segera manfaatnya. Ya, menulis kembaliĀ  catatan kita dapat kita buat lebih rapi dan mudah untuk dibaca.

Selain itu, ketika kita menulis kembali catatan kita, otomatis pada saat membuat catatan itu, otak kita akan merekam kembali dan kitapun dapat memahami lagi materi yang telah dibahas sebelumnya. Dan tentunya pemahaman kita tentang materi tersebut akan bertambah.

Semoga sedikit tips mendapatkan nilai IPK yang baik dari saya ini dapat bermanfaat, tentunya jika kita lakukan. Jadi tetaplah semangat wahai mahasiswa!! Raih IPK mu setinggi langit!! :-p

About these ads

2 Tanggapan to "Tips cara mendapatkan IPK tinggi"

saya berkeinginan untuk meningkatkan IPK cos semester awal saya IPK rendah. menurut anda selain tips di atas apalagi yg bisa saya lakukan?? (berdoa & ikhtiar selalu saya panjatkan ). thanks…

Buat mba febrina, tentunya ada banyak cara untuk mendapatkan nilai IPK yang tinggi/bagus,selain sedikit tips yang saya berikan.
nilai rendah pada smster awal,itu bisa saja terjadi pada setiap mahasiswa. hanya bagaimana caranya agar pd semester selanjutnya kita bisa mendapatkan nilai yg lebih memuaskan lagi..
ada baiknya mba febrina bertanya kepada teman yang lebih mengerti,materi materi yang mba belum mengerti pd saat perkuliahan. dan pada saat UTS ataupun UAS. ada baiknya mba bertanya” kepada dosen tentang kisi” atau apa materi apa saja yang akan keluar pada saat ujian. dan terakhir jangan lupa, biasanya absen,nilai tugas harian jg dapat membantu menaikkan nilai IPK yang kurang.
sekian sedikit tambahan dari saya terimakasih..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


  • BERPIKIR INDUKTIF | Mulyonoprabowo's Blog: [...] 2. Hipotesis dan Teori Generalisasi dan hipotese memiliki sifat yang tumpang tindih, namun membedakan kedua istilah tersebut sangat perlu. Hipot
  • aadanwde: Buat mba febrina, tentunya ada banyak cara untuk mendapatkan nilai IPK yang tinggi/bagus,selain sedikit tips yang saya berikan. nilai rendah pada smst
  • febrina: saya berkeinginan untuk meningkatkan IPK cos semester awal saya IPK rendah. menurut anda selain tips di atas apalagi yg bisa saya lakukan?? (berdoa &a

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: