Aadanwde's Blog

Komunitas Bike to Work Bogor

Posted on: April 12, 2011

Bike to work adalah sebuah komunitas bersepeda, dimana komunitas ini adalah bagian dari gerakan bersepeda ke kantor (bike to work Indonesia). Di Kota Bogor sendiri, komunitas inipun membentuk Bike to work region kota Bogor, dimana para pengendara dan penghobi sepeda yang khususnya berdomisili di kota Bogor dapat bergabung ke dalam komunitas ini. Komunitas B2w (Bike To Work) Bogor ini berdiri semenjak bulan Januari tahun 2006 yang lalu.

Semua jenis sepeda ada di sini.Sebagian besar para pengendara sepeda ke kantor, pengendara sepeda ke warung, pengendara sepeda ke sekolah, pengendara sepeda untuk mencari nafkah dan pengendara sepeda hanya sekedar hobby di akhir pekan. Tidak ada batasan jenis sepeda dan usia untuk bergabung di sini. Semuanya diterima dengan tangan terbuka sesuai dengan sifat komunitas yang sangat terbuka bagi semua orang, khususnya masyarakat yang berada di kota bogor.

Komunitas ini memiliki memiliki total populasi kurang lebih 600 anggota, dan ada sekitar 60% anggota yang aktif  untuk mengikuti banyak kegiatan – kegiatan rutin yang sering di adakan oleh komunitas ini. diantaranya kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun maupun kegiatan rutin lainnya, yaitu :

  • Gelar Hari Pekerja Bersepeda Nasional (bike to work day) setiap tahun semenjak tahun 2006 hingga tahun 2009.
  • Gathering silaturahmi akbar satu tahun sekali sesama semua pesepeda di Bogor.
  • Bazaar setidaknya sekali dalam satu tahun.
  • Fun bike.
  • Bersepeda Akhir Pekan.

komunitas ini pun memiliki aturan – aturan dalam bersepeda di jalanan, demi terciptanya keamanan dan keselamatan sesama pengendara di jalan raya.

ATURAN BERSEPEDA DI JALAN RAYA

  • Patuhi semua aturan dan rambu-rambu lalu lintas
  • Bersepeda dengan arah yang sama dengan arah lalu lintas. Jangan melawan arah!
  • Share the road! Berbagilah jalan dengan pengguna jalan lainnya.
  • Gunakan tangan dan lengan untuk memberi  sinyal.
  • Gunakan lampu berwarna putih untuk bagian depan dan lampu dan/atau reflektor merah di bagian belakang sepeda.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Bersepeda di Jalan Raya.

1.     Berbagi Jalan

•   Sepeda adalah kendaraan. Karenanya harus berlaku dan bersikap sebagaimana kendaraan di jalan raya.

•   Aturan dan rambu-rambu lalu lintas yang berlaku harus dipatuhi oleh pengguna sepeda.

•   Bersepeda di jalur paling kiri, searah dengan arus lalu lintas.

•   Hormati pejalan kaki dan pengguna kursi roda. Tuntun sepeda bila menggunakan fasilitas mereka.

2.    Rambu-rambu Lalu Lintas dan Sinyal

•   Patuhi semua rambu berhenti. Jangan langgar lampu merah dan patuhi marka dan garis batas.

•   Perhatikan arus sebelum berganti jalur dan berikan sinyal/tanda saat akan berbelok; beri tanda bagi maksud anda, baru lakukan.

•   Selalu waspada dan perhatikan hal-hal yang terjadi di jalan raya. Sesuaikan posisi bersepeda anda dengan apa yang terjadi.

3.    Keamanan/ Safety

•   Bila jalur bersepeda anda terlalu sempit dan kecepatan anda sama dengan kendaraan bermotor lainnya, beradalah di depan mereka hingga lebar jalur cukup lebar untuk berbagi kembali. Bila anda tidak yakin dengan hal ini, minggir dan berhentilah serta berikan jalan kepada mereka.

•   Selalulah berada dalam posisi yang mudah terlihat serta selalu mudah diprediksi oleh pengguna jalan lainnya; kenakan pakaian berwarna cerah dan menyala serta berikan tanda saat berbelok.

•   SELALULAH mengenakan helmet. Tidak ada kata kompromi untuk yang satu ini

•   Gunakan lampu sepeda terutama saat waktu telah gelap. Lampu warna putih untuk bagian depan sepeda, reflektor dan lampu warna merah untuk bagian belakang sepeda. Bila perlu, gunakan lampu belakang saat kapanpun anda bersepeda di jalan raya, baik waktu terang maupun gelap.

Berikut tips – tips Bersepeda yang dapat kita pelajari dari Komunitas ini ;

Tips Persiapan

  • Cari tahu informasi jalur dan tujuan yang akan dituju, seperti: kondisi medan, jarak tempuh, ketinggian, cuaca
  • Siapkan air minum yang banyak kalau lokasinya jauh dan tidak ada warung
  • Bawa tools kit dan komponen cadang, seperti: ban dalam dan rantai
  • Kondisi tubuh dan sepeda dalam keadaan fit.
  • Sebelum memulai perjalanan, usahakan lakukan peregangan otot, sehingga tidak kram.

Tips Aman Bersepeda

  • Gunakan perlengkapan pengaman tubuh, seperti: helm, sarung tangan, kacamata. Dan kalau dirasa perlu karena medan yang ekstrim, gunakan body   protector dan helm yang full face.
  • Untuk melindungi kulit yang terbuka dari sengatan matahari, oleskan sunscreen yang berSPF 30. Dioleskan ke kulit wajah, leher, lengan, dan    kaki. Kalau perlu, untuk melindungi bibir, oleskan juga lipbalm ber SPF 30.
  • Kenakan pakaian yang nyaman dan menyerap keringat tapi cepat kering dari basahnya keringat. Apabila melewati daerah yang bersemak tinggi, kenakan celana training panjang dan kaos lengan panjang. Sehingga, kulit terhindar dari   gesekan semak-semak.

Tricks Aman Bersepeda

  • Tinggi sadel disesuaikan dengan kondisi medan. Jika tanjakan, sadel diset optimal. Yakni: kaki lurus (lutut sedikit menekuk) saat sadel   dinaiki dan pedal dalam posisi kayuh terbawah. Jika turunan, set ketinggian sadel di posisi terendah.
  • Posisi tubuh saat turunan dibuat lebih ke belakang sadel dan sadel bagian depan seperti dijepit oleh paha. Sehingga terlihat agak   membungkuk, menjegah tubuh terpelanting ke depan.
  • Atur shifter (gigi) di gear besar saat turunan, sehingga RD dalam posisi tertinggi untuk menghindari benturan dengan batu atau benda   menonjol di jalur turunan.
  • Di jalur turunan tajam dan langsung tersambung jalur tanjakan panjang, saat turun usahakan tetap mengayuh dengan gigi belakang diset gigi kecil. Sambil tetap konsentrasi untuk di tanjakan, sehingga di saat yang tepat waktu menanjak tidak kehilangan momen kayuhan. Posisi gigi belakang sedikit-sedikit disesuaikan ke gigi yang besar untuk memperingan kayuhan di tanjakan.

Tidak lama lagi dalam rangka mempererat tali silaturahmi antar anggota, Komunitas B2W Bogor akan mengadakan kembali acara GoWet alias Gowel Ngaliwet dan acara Lelang yang akan di adakan pada :

hari Sabtu tanggal 16 April 2011
Tempat kumpul   : Area Parkir ex Lippo Juanda (samping kantor walikota)
Waktu kumpul : 07.00 Waktu Indonesia bagian Bogor
Sepeda & Kostum : Bebas

 

Lain-lain : Setiap peserta akan dikenakan biaya sebesar Rp.20.000,- yang akan digunakan sebagai pengganti belanja dan pembuatan makanan, sisanya akan disetorkan sebagai tambahan kas gowel.

Naahh asik kan.. buat para pembaca yang tertarik dan ingin tahu banyak informasi lebih lanjut tentang komunitas Bike to work ini, kalian dapat menggunjungi web/situs resminya di,

Alamat website:
www.b2wbogor.org

http://gowelbogor.co.cc/

http://sports.groups.yahoo.com/group/gowel-bgr/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


  • BERPIKIR INDUKTIF | Mulyonoprabowo's Blog: [...] 2. Hipotesis dan Teori Generalisasi dan hipotese memiliki sifat yang tumpang tindih, namun membedakan kedua istilah tersebut sangat perlu. Hipot
  • aadanwde: Buat mba febrina, tentunya ada banyak cara untuk mendapatkan nilai IPK yang tinggi/bagus,selain sedikit tips yang saya berikan. nilai rendah pada smst
  • febrina: saya berkeinginan untuk meningkatkan IPK cos semester awal saya IPK rendah. menurut anda selain tips di atas apalagi yg bisa saya lakukan?? (berdoa &a

Kategori

%d blogger menyukai ini: