Aadanwde's Blog

Dampak (+) dan (-) bermain Game Online

Posted on: Oktober 11, 2011

Game Online adalah sebuah permainan (game) yang membutuhkan koneksi Internet untuk bisa dimainkan. Pemain akan terhubung ke dunia virtual di mana dia bisa menjadi apa saja yang diinginkan dan bisa bertemu siapa saja pemain dari seluruh tanah air atau bahkan seluruh dunia. Akhir-akhir ini permainan game online sangat banyak digandrungi oleh anak-anak bahkan orang dewasa pun kerap memainkannya dan tidak sedikit yang menjadikannya sebagai pekerjaan dan mendapat penghasilan dari memainkannya. Fenomena game online ini bisa kita lihat di kota-kota besar, tidak terkecuali juga kota-kota kecil, banyak sekali game center yang muncul. Game center itu sendiri tidak seperti halnya warnet (warung internet), mereka memiliki pelanggan tetap yang lebih banyak daripada warnet. Inilah yang membuat game center hampir selalu ramai dikunjungi oleh anak-anak bahkan orang dewasa.

Semenjak tahun 2001 game online sudah dikenal di indonesia ini, berawal dari game Nexia, game online RPG keluaran BolehGame yang pertama di Indonesia muncul pada bulan Maret tahun 2001-an, dengan grafik sederhana berbasis 2D. Lalu game – game online mulai berkembang sesuai dengan kemajuan spesifikasi di bidang komputer juga berdasarkan minat para gamers online yang semakin banyak,maka munculah game – game online seperti ;

Redmoon, Laghaim, Ragnarok Online (RO),GunBound,Xian,Risk Your Life (RYL),Tantra Online,Atlantica, DLL

Nexia

dan masih banyak lagi game – game online yang serupa di indonesia. Perkembangannya dari tahun 2001 hingga saat ini pun masih belum surut, semakin tahun game online ini berkembang dari mulai game dengan grapik yang sederhana, berubah menjadi game game kelas berat dengan grapik 3D yang menyerupai dengan aslinya. Tentunya ini akan menjadi magnet bagi para peminat game online di Indonesia. game online tetap diminati oleh banyak kalangan masyarakat khususnya di indonesia ini.

(+)

Apabila kita bermain game online hanya untuk hiburan dan tidak menjadi kecanduan dan keseringan dalam bermain maka ada beberapa pengaruh positif yang kita dapatkan, antara lain :

  • Dapat menghilangkan stres karena game online sangat asyik dimainkan sebagai hiburan untuk menghilangkan kebosanan dan kejenuhan kita.
  • Meningkatkan konsentari dan fokus yang lebih. Di dalam permainan game online tersebut kita diupayakan untuk mengatur strategi dan dibutuhkan konsentrasi saat melawan musuh.
  • Melatih koordinasi antara mata dan tangan, serta skill motorik.
  • Game online dapat menghubungkan kita dengan pemain lain di seluruh dunia sehingga kita dapat membuat banyak teman baru.
(-)
Sedangkan apabila kita terlalu sering dan menjadi kecanduan dalam bermain game online maka dapat minumbulkan pengaruh negatif pada diri kita sendiri. Diantaranya :
  • Menimbulkan efek ketagihan, yang berakibat melalaikan kehidupan nyata. Sosialisasi dengan teman jadi berkurang, kita merasa sulit untuk berhubungan dengan orang lain.
  • Pikiran kita jadi terus menerus memikirkan game yang sedang kita mainkan dan membuat kita jadi cuek, acuh tak acuh, kurang peduli terhadap hal-hal yang terjadi di sekeliling kita.
  • Jika terlalu sering berhadapan di depan monitor dapat merusak mata kita, serta dapat mengganggu kesehatan fisik kita karena terlalu pasif bermain game online.
  • Pemborosan waktu dan biaya. Waktu kita banyak terbuang sia-sia dan aktivitas kita di dunia nyata menjadi berkurang. Bagi anak-anak yang masih meminta uang kepada orang tua, biaya untuk maen game online di warnet dan ada juga yang membeli item-item game online yang dimainkan dengan biaya yang cukup besar.
Untuk menghindari pengaruh negatif di atas kita harus mempunyai niat, kebulatan tekad dan kontrol diri untuk dapat terlepas dari kecanduan game online. Janganlah jadikan game online menjadi suatu keharusan yang menyebabkan terbengkalainya hal-hal yang lebih utama, jadikanlah game online sebagai hiburan semata yang sesekali dapat kita jadikan sebagai pengisi waktu luang saja. Carilah kesibukan lain yang lebih bermanfaat untuk melupakan dan menghindari permainan game online dan yang terpenting kita harus bisa menahan diri untuk tidak selalu bermain game online.
Mau bermain Game Online..? Boleh – boleh saja…
Asal SMART!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


  • BERPIKIR INDUKTIF | Mulyonoprabowo's Blog: [...] 2. Hipotesis dan Teori Generalisasi dan hipotese memiliki sifat yang tumpang tindih, namun membedakan kedua istilah tersebut sangat perlu. Hipot
  • aadanwde: Buat mba febrina, tentunya ada banyak cara untuk mendapatkan nilai IPK yang tinggi/bagus,selain sedikit tips yang saya berikan. nilai rendah pada smst
  • febrina: saya berkeinginan untuk meningkatkan IPK cos semester awal saya IPK rendah. menurut anda selain tips di atas apalagi yg bisa saya lakukan?? (berdoa &a

Kategori

%d blogger menyukai ini: