Aadanwde's Blog

Tips membersihkan komputer

Posted on: Oktober 31, 2011

Komputer adalah suatu piranti dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Alat ini bisa menjadi berbagai macam fungsi, bisa menjadi alat Multimedia, edukasi, multitasking, dan masih banyak lagi. tentunya suatu Alat/piranti pasti memiliki kekurangan dan kelebihan, ada waktunya di mana alat itu mengalami gangguan dan tidak berfungsi. Pada komputer ada banyak sekali sebab – sebab yang dapat membuat komputer tidak dapat berfungsi dengan baik, salah satunya karena banyak debu atau kotoran yang menempel di dalam komputer, membuat kinerja mesin menjadi tidak maksimal. Di sini saya akan memberikan tips – tips yang mungkin bisa membantu teman – teman dalam mengatasi masalah debu dan kotoran pada komputer anda.

Alat – alat yang dibutuhkan untuk membersihan Komputer anda dirumah :

  • Kuas bersih, yang berukuran sedang

Digunakan untuk membersihkan debu debu yang pada perangkat besar, baik untuk membersihkan FAN, Hardisk, Motherboard, dll.

  • Kuas bersih, yang berukuran kecil

Digunakan untuk bagian – bagian yang sulit di jangkau oleh kuas yang berukuran besar. Baik di gunakan untuk pin pin pada motherboard

  • Lap yang di basahi sedikit

Digunakan untuk membersihkan Casing yang terdapat banyak debu, dapat digunakan untuk membersihkan banyak bagian

  • Penghapus pensil

Digunakan untuk membersihkan pin pin pada RAM, gunakanlah penghapus yang bersih dan elastis agar tidak merusak pin pin RAM

Pertama – tama kita perlu mengetahui bagian apa saja dan paling penting untuk dibersihkan dan bagian yang sering dihinggapi oleh debu dan kotoran.

  • Fan casing

Fan ini seringkali dihinggapi oleh debu, karena Fan ini lah tempat udara keluar masuk dari dalam ke luar PC, atau sebaliknya. Debu yang menempel pada bagian ini tentunya harus di bersihkan, karena dapat menggangu sirkulasi udara pada PC anda.

Cara membersihkannya :

Pertama – tama, bersihkan bagian yang berdebu dengan kuas yang berukuran sedang, bersihkan hingga debu yang menempel menipis, Lalu gunakanlah kain lap yang sudah dibasahi untuk membersihkan sisa – sisa debu yang ada.

  • Fan & heatsink CPU

Pada fan dan heatsink CPU ini, debu yang banyak menempel akan dapat menimbulkan masalah yang serius, karena fan dan heatsink ini bertugas untuk mestabilkan suhu dari prosessor, bila mana terdapat banyak debu dan kotoran yang menempel dapat memperlambat kinerja dari Heatsink ini, sehingga suhu prosessor dapat naik dan panas. Jika suhu prosessor selalu tinggi, maka lama kelamaan itu dapat merusak prosessor anda, dan jika terlalu panas PC anda dapat Shut down, atau restart sendiri.

Cara membersihkannya :

Pada bagian Fan Heatsink CPU ini, pertama – tama kita harus memisahkan kedua bagian tersebut, buka fan yang menempel pada heatsink tersebut. Bersihkan heatsink dengan lap basah yang sudah disediakan, dan untuk membersihkan fannya gunakanlah cara yang sama seperti Fan casing.

  • RAM

Pada RAM ini, debu yang menggangu biasanya terdapat pada pin – pin RAM itu sediri, karena pin itu yang berfungsi untuk transfer data ke dalam komputer. Debu yang banyak menempel pada pin pin tersebut dapat menghambat kinerja RAM sehingga dapat menimbulkan berbagai macam effek terhadap cpu.

Cara membersihkannya :

Pada bagian ini, harus dilakukan dengan hati hati agar tidak merusak bagian dari RAM tersebut, pertama – tama lepas RAM dari socketnya, gunakanlah penghapus yang sudah disiapkan. Gosok perlahan bagian pin pin ram (yang berwana emas), di gosok perlahan hingga bagian pin terlihat mengkilat. Setelah itu bersihkan socket ram tersebut dengan kuas yang kecil. lalu pasang kembali RAM tersebut seperti sediakala.

  • HARD DISK

Pada bagian ini, debu yang menempel biasanya sangat banyak. Tetapi tidak mempengaruhi kinerja hardisk secara signifikan.

Cara membersihkannya :

Gunakanlah kuas yang berukuran sedang untuk membersihkannya, lalu gunakan lap basah untuk membersihkan sisa sisa debu yang menempel.

Sesudah semua bagian bersih, Pasang kembali semua bagian yang telah di bersihkan. Sebagai tambahan, berikut tips – tips agar komputer anda tidak mudah kotor dan berdebu :

  1. Jangan simpan PC anda di sudut ruangan, berikan jarak yang cukup dengan dinding/media disekitarnya, agar sirkulasi udara dapat berjalan dengan lancar.
  2. Lebih baik tempatkan di tempat yang tidak berdebu.
  3. Hindari membersihkan sesuatu di dekat komputer yang dapat membuat debu dan kotoran masuk ke dalam komputer.
  4. Lakukan cek kebersihan komputer setiap minimal 1 bulan 1 x.

Sekian Tips – tips membersihkan komputer yang dapat saya berikan, semoga tips ini dapat bermanfaat dan membuat komputer teman – teman bebas dari debu dan dapat bekerja secara optimal.

Have a nice day!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


  • BERPIKIR INDUKTIF | Mulyonoprabowo's Blog: [...] 2. Hipotesis dan Teori Generalisasi dan hipotese memiliki sifat yang tumpang tindih, namun membedakan kedua istilah tersebut sangat perlu. Hipot
  • aadanwde: Buat mba febrina, tentunya ada banyak cara untuk mendapatkan nilai IPK yang tinggi/bagus,selain sedikit tips yang saya berikan. nilai rendah pada smst
  • febrina: saya berkeinginan untuk meningkatkan IPK cos semester awal saya IPK rendah. menurut anda selain tips di atas apalagi yg bisa saya lakukan?? (berdoa &a

Kategori

%d blogger menyukai ini: