Aadanwde's Blog

PHP dan ASP

Posted on: Januari 7, 2012

Bagi para webmaster yang baru belajar saya hanya ingin menjelaskan sedikit yang saya dapatkan untuk pertanyaan yang selalu ditanya apa sih perbedaan PHP dengan ASP..

Bagi orang awam tentang pemprograman website PHP dan ASP menurut mereka tidak jauh bedanya, malah ada yang mengatakan ASP itu adalah Bahasa Pemrprogram dari PHP…berikut saya jelaskan perbedaan dari ASP dan PHP…???

ASP dan PHP merupakan bahasa pemrograman yang biasa digunakan untuk membuat website. Tidak seperti halaman web HTML biasa, ASP dan PHP lebih dinamis dan mampu membuat para user bisa berinteraksi dan bertukar informasi dengan database website.

ASP merupakan kependekan dari Active Server Pages, suatu jenis program yang bekerja dalam Microsoft (Windows) melalui IIS (Internet Information Server). ASP memerlukan server Microsoft untuk menjalankan website. Sedangkan program PHP atau Hypertext Preprocessor berjalan di server Linux atau Unix. PHP yang lebih baru bisa berjalan di server NT.

Program PHP juga bisa berjalan di Windows, Solaris, Unix dan Linux sedangkan ASP hanya bisa berjalan di server dengan platform Windows. Baru-baru ini saja, ASP bisa berjalan pada platform Linux yang hanya ada bila sudah terinstall ASP-Apache di servernya.

Jika Anda seorang programmer mahir dengan bahasa C++, Anda mungkin akan lebih nyaman menggunakan PHP daripada ASP. PHP menggunakan C/C++ sebagai bahasa pemrograman dasar dan kebanyakan syntax-nya serupa antara yang satu dengan yang lain. Karena sebagian besar programmer masih menggunakan bahasa C++, PHP menjadi lebih populer dibanding dengan ASP.

ASP lebih banyak mirip dengan syntax dan interface-nya pemrograman Visual Basic. Hal itu dikarenakan pada dasarnya Visual Basic adalah berkorelasi dengan produk dan program-program buatan Microsoft. Jadi jika Anda seorang programmer, pemilihan antara ASP dan PHP sebenarnya didasarkan pada bahasa pemrograman mana yang paling Anda kuasai.

Jika dibandingkan dari segi biaya dan kemahalannya, program ASP membutuhkan Windows dengan IIS terinstall di servernya. Anda harus membeli kedua komponen tersebut agar ASP bisa berjalan. Sebaliknya, PHP hanya akan membutuhkan sebuah server Linux yang bisa Anda dapatkan secara cuma-cuma.

PHP sangatlah fleksibel ketika dikoneksikan dengan database. PHP bisa terkoneksi dengan beberapa database dimana yang sebagian besar digunakan adalah MySQL. Harap dicatat bahwa MySQL tidak akan membebani Anda sesen rupiah pun. Tapi bila Anda ingin memakai ASP, Anda perlu untuk membeli MS-SQL, produknya Microsoft.

Kecepatan me-load adalah faktor besar dalam memelihara website. Jika Anda sangat selektif soal kecepatan, Anda mungkin lebih membutuhkan PHP. Pada dasarnya kode PHP berjalan lebih cepat daripada ASP karena berjalan di space-nya sendiri sedangkan ASP menggunakan sebuah tambahan server dan menggunakan arsitektur berbasis COM.

Dalam bekerja dengan PHP, kebanyakan tools terasosiasi dengan program yang kebanyakan berupa open source software, jadi Anda tidak perlu membayar untuk mendapatkan tool tersebut. Tidak seperti ASP yang mungkin mengharuskan kita untuk membeli tool tambahan untuk bekerja dengan program ini.

Kesimpulannya : Baik PHP dan ASP mempunyai keuntungan dan kerugian. Pada dasarnya semua bergantung pada bagian pengembangan website mana yang akan Anda pilih. Apakah Anda mencemaskan biaya dari pembuatan website Anda? Apakah anda ingin menggunakan bahasa pemrograman yang familiar dengan Anda? Apakah Anda menginginkan website yang lebih stabil dan cepat? Pemilihan antara ASP dan PHP pada dasarnya tergantung pada preferensi Anda sendiri. Sebaiknya Anda berunding dengan programer atau webmaster lainnya dan cari sebanyak mungkin informasi mengenai kode pemrograman mana yang paling pas dengan website Anda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


  • BERPIKIR INDUKTIF | Mulyonoprabowo's Blog: [...] 2. Hipotesis dan Teori Generalisasi dan hipotese memiliki sifat yang tumpang tindih, namun membedakan kedua istilah tersebut sangat perlu. Hipot
  • aadanwde: Buat mba febrina, tentunya ada banyak cara untuk mendapatkan nilai IPK yang tinggi/bagus,selain sedikit tips yang saya berikan. nilai rendah pada smst
  • febrina: saya berkeinginan untuk meningkatkan IPK cos semester awal saya IPK rendah. menurut anda selain tips di atas apalagi yg bisa saya lakukan?? (berdoa &a

Kategori

%d blogger menyukai ini: