Aadanwde's Blog

Software Angry IP Scanner

Posted on: November 17, 2012

Tiap kali saya berada di sebuah koneksi internet pada jaringan LAN, terkadang saya ingin mengetahui siapa saja yang melakukan koneksi ke dalam jaringan yang sedang saya gunakan. Karena saya admin di jaringan tersebut maka saya mencoba untuk membuka langsung modem ADSL + Router dan melihat LAN Client yang terhubung.

Namun sebenarnya, saya tidak dapat melihat komputer yang saya maksud. Dikarenakan saya membutuhkan IP Address komputer yang bersangkutan agar saya bisa mengatur koneksi internet disini (mau di allow atau di block). Karena terkadang banyak user yang suka download pada jam-jam kerja yang sangat padat. Maka dari itu saya mencoba menggunakan Angry IP Scanner saja (toh saya sudah tau komputer mana yang melakukan aktivitas merugikan namun saya hanya membutuhkan info mengenai IP nya saja).

Fungsi dari software ini sudah jelas sekali dari namanya yakni untuk menscan IP dan juga port yang terbuka. Intinya setelah mendapatkan info tentang IP, hostname, dan port yang terbuka, kita dapat menggunakan memasuki celah dari port tersebut tergantung dari port mana yang akan kita masuki. Misal kalau port 21 untuk ftp, atau 80 untuk http.

Program ini freeware dan dapat di download di sini, http://www.angryip.org/w/Download

IP Scanner (Angry IP Scanner)

1. Buka Program IP Scanner (berikut tampilan awal)

2.  Buka tab Tools, kemudian pilih Preferences, lalu pilih tab Ports. Pada kolom Port selection, cukup isi dengan port 80, 3128, 8000, 8080, 9201. Sebagi tambahan, bagi yang nyari IP buat SSH tunnel, tambahkan port 22 dan 443. (info lebih lanjut mengenai Port-portnya dapat di lihat lewat ‘Google’)

Untuk menscan port, saran saya sebaiknya anda belajar terlebih dahulu mengenai vulnerability atau kelemahan dari port.

3. Cara penggunaannya ada 3 metode. Pertama, IP Range yang menscan IP diantara dua IP yang menjadi patokan, misal 82.145.216.1-82.145.216.40. Kedua, Random yang menscan IP secara acak, misal 195.189.142.6. Ketiga, IP List File yang menscan IP yang telah tersimpan sebelumnya.

4. Setelah memilih metodenya, kemudian klik start dan tunggu sampai selesai. Dan akan keluar Hasilnya.

Terlihat pada layar ada informasi mengenai IP, Ping, Hostname, dan Port. Tampilan biru pada kolom IP menandakan IP tersebut aktif sedangkan yang berwarna merah tidak aktif. Untuk Ping yakni seberapa bagus koneksi yang dilakukan, semakin rendah nilainya semakin bagus koneksinya. Untuk hostname yakni nama komputer yang digunakan, terlihat ada n/a disana entah mengapa mungkin komputer dengan IP tersebut dipasang firewall pihak ketiga semacam zone alarm atau comodo sehingga tidak bisa di resolve Hostname nya. Untuk Port kosong karena secara default software ini tidak menscan port.

Sebenarnya banyak juga software yang bisa menscan kelemahan atau port yang terbuka pada komputer target, namun kelebihan dari software ini yakni kemampuannya untuk menscan IP secara massal dalam waktu yang cepat.

Nama Kelompok :

M.Rizky.A

Sindy Ayu Ambarwati

Nobel

Tinggalkan Balasan

  • BERPIKIR INDUKTIF | Mulyonoprabowo's Blog: [...] 2. Hipotesis dan Teori Generalisasi dan hipotese memiliki sifat yang tumpang tindih, namun membedakan kedua istilah tersebut sangat perlu. Hipot
  • aadanwde: Buat mba febrina, tentunya ada banyak cara untuk mendapatkan nilai IPK yang tinggi/bagus,selain sedikit tips yang saya berikan. nilai rendah pada smst
  • febrina: saya berkeinginan untuk meningkatkan IPK cos semester awal saya IPK rendah. menurut anda selain tips di atas apalagi yg bisa saya lakukan?? (berdoa &a

Kategori

